Joomla menggunakan berkas "templates/system/error.php" untuk menangani kondisi kesahalan beberapa HTTP, termasuk kesalahan "403 Forbidden", "404 Not Found", dan "500 Internal Server". Jika kita menginginkannya, kita dapat mengkostum tampilan halaman dari kesalahan tersebut. Sebelumnya, cukup penting untuk memahami bahwa "error.php" adalah berkas (file) independen dari Joomla. Sehingga Plugins tidak akan berjalan pada file tersebut. Anda tidak dapat menyertakan modul atau menggunakan pernyataan.

Mengubah Halaman Sistem Error

Untuk mengubah tampilan dari halaman Error, secara umum anda dapat secara langsung mengubah struktur, warna dan informasi yang ingin ditayangkan dengan mengedit "templates/sistem/error.php" dan "/templates/system/css/error.css".


Kita juga bisa mengkostum halaman error ini berdasarkan template yang kita gunakan, caranya tidaklah sulit. Pertama-tama Anda menyalin (meng-copy) berkas "templates/system/error.php" pada direktori template yang kamu pergunakan seperti contoh didalam "templates/templateku/" untuk error.php dan "templates/templateku/css/" untuk "error.css" .  Sehingga ada dua berkas baru di dalam template tersebut, yaitu:

Langkah selanjutnya adalah mengubah alamat css (yang dituliskan "system" diganti dengan nama direktori template yang kamu gunakan) pada baris 19 dalam berkas templates/templateku/error.php, seperti berikut ini

/templates/system/css/error.css" type="text/css" />

sehingga menjadi seperti ini

/templates/templateku/css/error.css" type="text/css" />

Nah setelah itu silahkan Anda mengubah apapun yang Anda kehendaki. Anda dapat memformat halaman sesuai  yang dikehendaki dan men-selaraskannya dengan template yang anda gunakan.

Dengan adanya dua berkas baru ini di dalam template yang anda gunakan, ketika ditemukan sebuah kesalahan tautan url didalam situs tersebut, secara otomatis sistem Joomla! akan menggunakan berkas "error.php" dari template yang digunakan tersebut.

Selamat Mencoba dan Bravo Joomla Indonesia!!
Tim Id-Joomla - rsyz