Meskipun Joomla versi awal 1.0 diperkenalkan pertama kali pada tahun 2005 , sejarahnya tidak lepas dari Mambo CMS. Mambo awalnya adalah CMS yang digunakan dalam lingkungan Miro Corporation Australia saja. Pada bulan april 2001, mambo akhirnya dilepas ke komunitas Open Source. Pada saat itu, mambo adalah CMS Aplikasi yang bebas tersedia dengan source code. Mambo dengan cepat menjadi populer di dunia dan melahirkan banyak yang mengembangkan extension komersial. Komunitas ini berkembang dan saling membagi ide dan source codenya.

 

Dalam perjalanannya akhirnya menjadikan mambo CMS paling populer di dunia. Masih di tahun 2005 Namun pada tahun 2005 ada ketidakcocokan visi antara para pengembang open source dari Mambo dan yayasan nirlaba yang telah dibuat untuk mengawal pengembangan Mambo. Akhirnya pada bulan Agustus 2005, staf developer meninggalkan Mambo dan mulai bekerja keras membuat variasi CMS baru berdasarkan mambo. Tidak lama setelah itu, Joomla 1.0 yang mempunyai codebase yang sama dengan Mambo 4.5.1, dirilis.

Dalam waktu singkat sejak Joomla lahir, penggunaan dan pengembangan CMS meningkat tajam. Pada tahun pertama di release, Joomla telah didownload lebih dari 2,5 juta kali. Selain itu terdapat lebih dari 65.000 pengembang Joomla terdaftar, dan tak terhitung website yang sudah menggunakan Joomla. Bahkan yang lebih menakjubkan lagi adalah dukungan komunitas dari negara-negara lain. Joomla CMS diadopsi oleh komunitas di berbagai negara dan menjadi populer di seluruh dunia.

Pada saat ini codebase Joomla 1.5 dan 1.6 sudah berbeda jauh dengan Mambo