Adakalanya kita mengetahui sejarah mulai dibangunnya Joomla, dengan demikian kita bisa menghargai bagaimana jerih payah perjuangan dari para pendiri joomla yang kemudian didistribusikan secara gratis pada seluruh pengguna web dan para pengembang. Berikut saya rangkum secara singkat bagaimana awal Joomla itu ada.

Pada tahun 2000, Rice Studio, formerly Miro,adalah yang pertama membangun Souce SMS yang diberi nama "Mambo". Setahun kemudian mambo melisensikannya menjadi 2 lisensi, dengan salah satunya Open Saurce yang lebih dikenal sebagai "Mambo Site Server".

Di tahun 2002 "Mambo Site Server" diberi nama ulang "Mambo Open Source" hak cipta ini dipublikasikan ke Open Source Community pada tahun 2003.

Tahun 2005 Versi komersial Mambo di beri nama ulang "Jango" Rice Studio, Formerly Miro suatu perusahaan Non –Profit tetap sebagai Pendirinya.

Tidak lama kemudian, group utama dari para developer, mempublikasikan Mambo Open Source kepada public bahwa mereka berkeinginan menyerakannya kepada yang berminat. Sebuah Group Organisasi NonProfit yang bernama Open Source Matters mengambil alih project tersebut.

Kemudian “Open Source Metter” membuat project yang kita kenal dengan Joomla 100% projek open source GPL. Joomla pertama tentunya di rilis dengan verysi Joomla 1.0 yang masih ada Open Source dari Mambo.

Setelah lama di kembangkan akhirnya dirilis persi terbaru yaitu joomla 1.5 pada pertengahan tahun 2007. Joomla 1.5 berhasil tampil beda dengan versi sebelumnya dan terlepas dari Mambo, tapi masih kompatibel dengan Mambo. Joomla memperkenalkan MVC (Model View Controller) designnya yang ada di dalam component pada para developer pihak lain,. Dengan perubahan ini para developer bisa mengembangkannya untuk joomla lebih Powerfull.

Cukup sampai disitu saja, semoga article ini dapat berfanfaat . Dan tak lupa saya mohon maaf jika ada kesalah dalam sejarah ini dan mohon untuk segera mengkoreksi ulang.