Instalasi standar Joomla! memiliki beberapa "harta-karun" yang seringkali dilewatkan. Salah satu harta tersembunyi ini adalah kemampuan untuk menampilkan sebuah modul di dalam isi content maupun dalam isi modul lain.

Dalam tulisan ini kita akan bersama belajar menggunakan salah satu mambot standar Joomla! untuk menampilkan sebuah modul di dalam modul lain, atau di dalam isi konten.

Mungkin teman-teman pernah terpikir untuk menampilkan gambar secara acak (modul random image) di dalam konten situs, atau mungkin di dalam modul yang untuk mengucapkan selamat datang. Hal pertama yang biasanya kita tanyakan adalah, "apa ada extension untuk itu?" Lalu kita akan segera menelusuri situs Joomla Extension Directory untuk mencarinya.

Untuk itu mari kita berkenalan dengan mambot "Load Module Positions" (mosloadposition) yang sudah tersedia dalam instalasi standar joomla! Melalui mambot ini kita dapat menampilkan (me-load) posisi modul yang diinginkan di tempat mambot ini disisipkan. Dengan catatan posisi modul tersebut tidak termasuk dalam posisi modul yang dipanggil oleh template yang dipergunakan.

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan mambot ini

Pertama-tama, ada baiknya kita periksa dulu posisi modul yang dipanggil oleh template kita. Caranya silakan tengok disini . Hal ini penting, karena kita tidak boleh menggunakan posisi modul yang telah dipanggil oleh template.

Jika ingin lebih yakin, kita bisa juga membuat posisi modul baru dengan nama yang unik, misalnya "posisiku" (tanpa tanda kutip). Caranya silakan baca disini .

Langkah selanjutnya adalah memilih  dan menerbitkan (publish) modul yang ingin kita tampilkan, atau membuatnya jika belum ada. Silakan baca disini untuk cara membuat custom module sederhana (Catatan: untuk keperluan kita ini, tidak perlu mengikuti petunjuk untuk mengedit index.php). Jangan lupa, dalam Module Manager, kita perlu memilih "posisiku" dalam pilihan Position untuk modul yang ingin kita tampilkan.

Masih di module manager, kita juga tidak boleh lupa memilihkan "Menu Item Link(s)" untuk modul tersebut. Kita dapat memilih "All", atau halaman-halaman spesifik saja.

Setelah langkah-langkah di atas selesai, yang perlu kita lakukan adalah memasukkan perintah mambot Load Module Positions ke dalam konten (atau modul lain) yang akan kita jadikan "induk" untuk modul yang tadi kita pilih/buat. Caranya adalah dengan mengedit konten tersebut dan menyisipkan kode:

{xtypo_code} { mosloadposition nama-posisi-modul }{/xtypo_code}

di tempat dimana kita ingin menampilkan modul tadi. (Catatan: Berbeda dengan contoh di atas, saat menulis kode mambot jangan memberikan spasi setelah tanda { dan sebelum tanda }.)

Simpan, dan selesailah sudah!

Seandainya langkah-langkah di atas masih terlalu rumit, ada extension yang dapat digunakan. Seperti biasa, jika menggunakan 3rd party extension maka jangan lalai mengikuti perkembangan informasi extension tersebut.

Semoga membantu.

Caveat Emptor!