Artikel ini tentang cara-cara untuk memuluskan instalasi JomSocial yang membutuhkan dukungan Plugin Zend, yaitu Zend Framework for Joomla Package. Pembahasan mencakup usaha mengatasi error baik sebelum instalasi JomSocial maupun setelah instalasi.

Kalau kita perhatikan pada saat instal JomSocial ada progress report yg menampilkan aktifitas mendownload file yang berhubungan dgn Zend. Artinya website kita melakukan koneksi ke website luar untuk men-download sesuatu. Jadi server hosting tempat website kita harus mendukung dan mengaktifkan cURL.

Sebelumnya silahkan cek terlebih dahulu menggunakan fungsi phpinfo(); atau dari Joomla Admin - Help - System Info. Jika belum aktif, ada beberapa cara untuk mengaktifkannya, silahkan pilih salah satu, tergantung hak akses yang diizinkan oleh hosting;

  1. meload secara manual di script PHP utama pada web kita
    	if (!extension_loaded('gd')) dl('gd.so');
  2. menambah extension pada file php.ini
    	extension=curl.so
  3. load PHP Module pada file .htaccess
    	php_extension libcurl.so

Cara di atas akan mempermudah instalasi JomSocial yang secara otomatis men-download file yg dibutuhkan.

Lalu bagaimana jika kita telah selesai menginstall JomSocial tapi file yang dibutuhkan masih belum lengkap? Coba buka alamat web Joomla mu dengan parameter berikut (sesuaikan domain nya):

http://website.com/index.php?option=com_community

Bila muncul pesan error:

Missing Jomsocial Zend Plugin Pack 1.

Maka kita perlu men-download zend4joomla, yaitu Plugin Zend untuk Joomla, ada 10 file. Install file pertama (plg_zend_1.11.4_pack_1.zip) melalui Joomla Admin - Extensions - Install/Uninstall. Bila telah mengaktifkan cURL, kita bisa kopas URL yg 10 file tadi ke kotak isian Install from URL satu per satu. Tapi bila cURL tidak bisa diaktifkan, maka 10 file zip tadi harus di-download dan kemudian di-upload satu per satu melalui kotak isian Upload Package File.

Perhatikan proses instalasi, bila berjalan sangat lambat atau bahkan setelah selesai upload konfirmasi sukses tidak muncul juga, maka ada beberapa parameter di file php.ini yg perlu diperbesar dari nilai default, misalnya:

memory_limit=256M
max_execution_time=300

nilai di atas hanya contoh, sesuaikan dengan kebutuhan dan batasan yg diizinkan hosting. Jangan lupa mengembalikannya ke nilai aslinya setelah semua proses di atas selesai.

Buka lagi alamat web Joomla mu dengan parameter berikut: (sesuaikan domain nya)

http://website.com/index.php?option=com_community

Bila muncul pesan error:

JomSocial Zend Plugin is disabled.

berarti plugin harus diaktifkan melalui Joomla Admin - Extensions - Plugin Manager.

Mudah-mudahan dengan trik-trik di atas instalasi JomSocial di web Joomla kita bisa berhasil.

Semoga berkenan.