Team Development Joomla telah merilis versi terbaru Joomla 2.5.7 yang berisi 2 perbaikan pada masalah keamanan (Low Priority Security) dan 42 masalah yang terjaring melalui tracker. Karena adanya perbaikan pada sisi keamanan, maka Anda sangat dianjurkan  untuk mengupdate instalasi Joomla Anda sesegera mungkin demi keamanan situs Anda.

Tidak seperti rilis-rilis versi ber-kode tiga digit (2.5.x) yang biasanya hanya berisi perbaikan dan maintenance, pada versi 2.5.7 ini terdapat satu fitur baru yang memungkinkan Anda untuk menginstal paket bahasa langsung dari Extension Manager tanpa harus mendownload file instalasi bahasa yang bersangkutan terlebih dahulu. Anda hanya perlu memilih bahasa yg ingin diinstal dari daftar bahasa yang tersedia dan situs Joomla anda akan menghubungi repo server Acredited Joomla Translation, mendownload paket dan kemudian menginstal file-file bahasa secara otomatis. Sangat membantu bukan?

Pertanyaannya, Apakah Bahasa Indonesia tersedia dalam daftar Bahasa tersebut?
Jawabannya, Belum. Team Hanacaraka sedang bekerja keras untuk mewujudkannya, tapi alhamdulillah Bahasa Indonesia sudah tersedia dalam pilihan bahasa instalasi Joomla 2.5.7.

Pada saat ini secara keseluruhan proses penerjemahan Joomla untuk Bahasa indonesia sudah memasuki fase beta testing untuk bugfix, penyeragaman pemakaian istilah dan proses penyuntingan lain yang dianggap perlu. Setelah semua selesai, hasil terjemahan akan dikirimkan ke Joomla Translation Manager untuk dimasukkan kedalam repo Acredited Joomla Translation dan Bahasa Indonesia akan segera tersedia pada daftar bahasa di extension manager.

Semoga Team Hanacaraka bisa menyelesaikannya dalam waktu dekat ini sehingga kita bisa menikmatinya secepatnya.