Joomla Indonesia

Login or Sign Up
Sign In or Register
Avatar
Not Registered Yet?

Join Now! It's FREE. Get full access and benefit from this site

Reset My password - Remind Me My username

Username
Password
Remember me
  • Home
    Home This is where you can find all the blog posts throughout the site.
  • Categories
    Categories Displays a list of categories from this blog.
  • Tags
    Tags Displays a list of tags that have been used in the blog.
  • Bloggers
    Bloggers Search for your favorite blogger from this site.
  • Team Blogs
    Team Blogs Find your favorite team blogs here.
  • Login
    Login Login form

Jebakan SHARED Hosting yang murah

Posted by on in Tip Dan Trik
  • Font size: Larger Smaller
  • Hits: 6343
  • 6 Comments
  • Subscribe to this entry
  • Print

Mungkin banyak di antara ID-Joomla'ers yang menggunakan jasa web hosting yang jika di teliti lebih lanjut ternyata tipe hosting yang digunakan itu tipe "Shared Hosting", hehehe.. jika demikian maka dikemudian hari anda mengalami tiba-tiba akses database MySQL di server hosting anda tidak bisa terkonek, atau lebih parah lagi Account anda justru di "suspend" oleh pihak pengelola web hosting, karena alasan "account anda memberatkan server, sehingga kami suspend untuk sementara". Sangat menyebalkan tentunya jika hal ini terjadi, apalagi kita sebagai Administrator Joomla site-nya tahu betul apa saja yang "terinstall" di dalam joomla site kita, dan dalam analisa kita pribadi "Sangat Tidak Mungkin" kinerja Joomla site kita memberatkan web servernya.

Ada baiknya kita menganalisa web server tempat kita hosting joomla site kita saat ini. Jika dipaket pembelian jasa web hosting yang kita miliki selama ini (klausal kontrak hosting), ada kata "Shared Hosting" di point web server-nya, maka inilah yang patut kita analisa lebih lanjut.

Kata "Shared" sendiri jika diterjemahkan artinya kita men-sharing / berbagai pakai resources seperti CPU (processor), RAM (memory) bahkan kapasitas harddisk dengan orang lain.

Jadi "Shared Hosting" itu sendiri berarti web server yang kita gunakan itu sangat besar kemungkinannya juga digunakan oleh website (domain name) lainnya secara bersamaan, sehingga resources yang ada di dalam web server-nya pun menjadi "dibatasi" sesuai dengan kapasitas yang ada dalam server web itu sendiri.

Analogi sederhana, bisa diumpamakan, anda memiliki kamar tidur berukuran luas 25 meter persegi (5 x 5 m), kapasitas segitu, bisa anda isi dengan misalnya :
* 1 buah tempat tidur ukuran 1 x 2 meter
* 2 buah lemari pakaian ukuran 2 x 0.5 meter
* .... dan barang pribadi anda lainnya.

Yang pasti jumlah total ukuran barang-barang anda di dalam kamar tidak boleh melebihi kapasitas 25 meter persegi (5 x 5m).

Nah, barang-barang pribadi anda itulah yang masuk kategori "website" yang ada di dalam kamar (web server / shared hosting) itu.

Lalu apa yang menyebabkan joomla site anda di "Shared Hosting" sekarang sering kali putus koneksi ke database atau bahkan di Suspend account-nya dengan alasan memberatkan web server hostingnya ??

Jawabannya sangat sederhana, kok :)

Ini lebih disebabkan jatah resources (CPU, RAM) itu cenderung tetap / jarang ditambah, justru yang bertambah itu jumlah domain / website yang ada di dalam web servernya,

Karena alasan pengelola web server ingin mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya, maka jumlah domain / website dalam satu web server (Shared Hosting), tidak dikontrol / dikelola dengan baik.

Makanya anda akan sering menemukan iklan "Shared Hosting Murah !!", ya ini karena pengelola ingin mendapat keuntungan dari trend makin murahnya harga media penyimpan seperti Harddisk dan sejenisnya, akan tetapi mereka sering lupa jumlah / kapasitas ideal dari website / domain name yang ada di dalam satu web server yang sama (Shared Hosting).

Yang namanya website contohnya seperti joomla site, tentunya tidak hanya butuh media harddisk untuk berjalan lancar, tapi CPU dan RAM juga perlu diperhitungkan untuk kelancaran proses di dalam joomla site-nya.

Contoh kasus yang penulis alami, ada beberapa client penulis yang joomla sitenya dibuat oleh penulis sering kali "down" websitenya bahkan sering di Suspend sama pemilik / pengelola web servernya. Setelah penulis teliti di klausal kontrak pembelian jasa hostingnya, ternyata client penulis tersebut menggunakan tipe "Shared Hosting", hehehehehe... ya lengkaplah penderitaannya.

Anda mungkin bertanya-tanya :

Bagaimana cara kita mengetahui jumlah total website (domain) yang juga ikutan nebeng / hosting di web server kita ???

Mudah, kok :)

Anda bisa menggunakan tools online ini : http://www.yougetsignal.com/tools/web-sites-on-web-server/

contoh tampilannya seperti gambar berikut.
b2ap3_thumbnail_Reverse-IP-Lookup.png

Sebagai uji coba, di kolom isian "Remote Address", anda isi dengan nama domain : id-joomla.com
selanjutnya anda klik tombol "Check", tunggu beberapa saat anda akan menemukan informasi domain apa aja yang hosting di server yang sama dengan id-joomla.com, seperti gambar berikut :
b2ap3_thumbnail_ketemu_dua.png

Ini artinya website "id-joomla.com" tidak memakai tipe "Shared Hosting", selamat buat admin dan team ID-Joomla, karena website anda bebas dari masalah resouces :)

Tapi, begitu penulis mencoba memasukkan domain name : jokowicenter.com
yang penulis temukan cukup mencengangkan, ternyata webservernya tipe "Shared Hosting" alias berbagi pakai dengan website / domain yang lain, cekidot gambar berikut :
b2ap3_thumbnail_shared_jokowicenter.png

 

Dalam satu web server dihuni oleh 25 domain (website) tentunya jumlah resources (CPU & RAM) akan semakin berkurang jatahnya untuk tiap domain (website), ini pastinya sama pihak pengelola (sambil nutup mata), seenaknya saja nambah website / domain baru ke dalam web servernya karena mengejar keuntungan penjualan jasa hosting semata.

Anda penasaran dengan Shared Hosting yang digunakan oleh joomla site anda saat ini ??
hehehe.. silahkan anda cek langsung berapa jumlah website / domain lain yang ikutan "nebeng" / menghuni web server tempat anda hosting tersebut :)

FYI, untuk kelas penyedia hosting yang katanya (mengakui diri sendiri) "Terbaik", contohnya seperti masterweb.net (MWN), coba anda cek satu persatu client "populer" mereka di halaman :
http://www.masterweb.com/grey/klien.html

Coba anda ambil beberapa nama domain ternama, lalu cek web servernya pakai tools online di atas :)

Anda bahkan penulis sendiri sampai takjub, ada yang dalam satu web server terdiri dari lebih dari lima puluhan (50an) domain name / website, ini pastinya kategori Shared Hosting semua, coba anda bayangkan betapa "kerja keras"-nya CPU dan RAM di web servernya, melayani semua proses dari domain name / websitenya ....

Di akhir kata, anda mungkin akan berkata : Pantesan ... joomla site saya sering down / di suspend

Lha wong, resources-nya (CPU & RAM) berbagi pakai dengan 50 lebih domain name / website lain so pasti pengelola web server akan sering melakukan "suspend" terhadap salah satu domain yang dianggap menggunakan resources lebih dari lainnya.

Sebagai catatan, buat anda dan penulis pribadi :
Informasi berapa jumlah website / domain name yang saat ini ada di Server Web bertipe Shared Hosting, sering kali dirahasiakan oleh pemilik / pengelola web servernya, walaupun sebagai konsumen / user, kita berhak tahu, tapi info ini memang jarang di publikasi oleh pemilik / pengelola web server.

So, jika anda capek-capek marah-marah sama CS web servernya, dan justru anda malah disalahkan karena joomla site anda dianggap memberatkan web server, saran penulis, jangan "ditelan" mentah-mentah alasan dari pihak provider / penyedia / pengelola web server anda, tapi sebaiknya anda minta jumla real / pasti dari domain yang hosting di web server yang sama dengan anda.

Jika sudah begini, anda bisa menilai sendiri, mana web hosting yang "transparan / terbuka", mana web hosting yang "parah / semena-mena".

So, saran terbaik dari penulis, pilihan web server bertipe Dedicated dan Colocation mungkin bisa menjadi solusi terbaik buat anda jika joomla site anda telah berkembang pesat, dan memiliki ribuan bahkan jutaan pengunjung dalam satu hari :)

Tipe server Dedicated dan Colocation, pastinya membuat anda nyaman mengelola website / joomla site anda, tanpa harus mengorbankan resources (CPU / RAM) untuk domain / website lain :)

Semoga bermanfaat,
XNY

0
  • artikelnya sangat bermanfaat, boleh copy gak?

    0 Like Short URL:
  • Pendapat yang menarik mas, izin ikut komentar yah mas.

    IMHO, Sebenarnya tidak semua shared hosting buruk kok, banyak para blogger populer yang berhasil meraih lalu lintas harian yang cukup tinggi masih menggunakan shared hosting.

    Jujur pemilihan hosting ini berbanding lurus dengan pembiayaan masing-masing individu, di indonesia ada wadah diskusi hosting yang lumayan baik, meskipun mayoritas isinya adalah pengusaha hosting, tapi minimal kita para pengguna awam mengerti mana hosting yang terbaik menurut para senior yang lebih dulu mencoba berbagai macam layanan yang ditawarkan oleh banyak penyedia hosting.

    Pilihan dedicated, dan collocation sebenarnya bukan pilihan untuk para pemula, kadang perusahaan besarpun belum mau menggunakan server berjenis seperti itu, karena pembiayaan yang enggan mereka keluarkan.

    Sekali lagi pepatah lama dan sering kita dengar "Ada uang ada barang", rasanya pepatah tersebut masih cocok juga untuk disandingkan dengan pemilihan hosting. :)

    0 Like Short URL:
  • wew Mas Micokelana luar biasa bijak... :)

    0 Like Short URL:
  • Setuju sama micokelana, ada uang ada barang :)

    0 Like Short URL:
  • terimakasih infonya pak Sonny.

    0 Like Short URL:
  • Guest - indra

    wow, keren. artikel tricknya berguna. langsung cek domain ternyata ada 15 domain dihosting saya :p

    thank you :)

    0 Like Short URL:

Kategori Blog

Joomla User Group Indonesia

Joomla User Group indonesia

Id-joomla.com adalah situs resmi Joomla User Group (JUG) Indonesia dan Joomla Translation Team

 
Download Terjemahan Joomla terakreditasi dari JoomlaCode dan laporkan bugs, ide dan saran nya di Sub Forum Hanacaraka

Socials

twitter id joomlafb idjoomla