Joomla Indonesia

Login or Sign Up
Sign In or Register
Avatar
Not Registered Yet?

Join Now! It's FREE. Get full access and benefit from this site

Reset My password - Remind Me My username

Username
Password
Remember me
  • Home
    Home This is where you can find all the blog posts throughout the site.
  • Categories
    Categories Displays a list of categories from this blog.
  • Tags
    Tags Displays a list of tags that have been used in the blog.
  • Bloggers
    Bloggers Search for your favorite blogger from this site.
  • Team Blogs
    Team Blogs Find your favorite team blogs here.
  • Login
    Login Login form

Bermasalah Saat Instalasi atau Upload Extension

Posted by on in Tip Dan Trik
  • Font size: Larger Smaller
  • Hits: 14094
  • 17 Comments
  • Subscribe to this entry
  • Print

Keluhan yang kerap ditemui dalam setiap forum Joomla! adalah kegagalan melakukan instalasi extension atau upload file lewat Joomla!. Salahsatu (tidak selalu) penyebab kegagalan ini adalah tidak cukupnya memory yang dialokasikan untuk script PHP, yang sering ditandai dengan pesan error seperti

Fatal Error: Allowed memory size of xx bytes exhausted (tried to allocate xx bytes) in /path/ke/file.php on line XX Allowed memory size of XX bytes exhausted (tried to allocate XX bytes)

PHP perlu menyimpan sebagian dari data yang masuk dalam memory. Permasalahannya seringkali memory yang dialokasikan untuk skrip PHP tidak mencukupi lagi sehingga keluarlah pesan error seperti di atas.

Jalan keluarnya adalah dengan menaikkan memory limit yang dialokasikan untuk skrip PHP. Jalan keluar lain adalah dengan mengoptimasi skrip PHP yang digunakan agar lebih bersahabat dalam penggunaan memory (namun hal ini di luar lingkup artikel ini).

Artikel ini memberikan petunjuk untuk menaikkan memory limit untuk PHP yang dapat dilakukan lewat beberapa cara. (CATATAN: konfigurasi server sangat berpengaruh. Solusi yang berhasil di satu server mungkin gagal di server lain.)

Memeriksa memory limit

Walaupun pesan error telah memberikan petunjuk mengenai nilai memory limit ini, namun tidak ada salahnya dilakukan pemeriksaan ulang.
Joomla memberikan cara mudah untuk melakukan ini. Setelah masuk ke panel administrasi Joomla! Arahkan kursor ke "System" di toolbar, dan pilih "System Info". Disitu silakan memilih tab "PHP Info". Anda dapat menemukan nilai memory_limit pada bagian "PHP Core".

Jika nilai memory_limit tidak ditemukan dalam phpinfo, berarti nilai ini ditentukan per proses. Dalam hal ini maka tidak ada cara lain kecuali menghubungi hosting anda dan meminta perubahan.

Sekarang, bagaimana merubah (menaikkan) nilai memory limit ini?

Melalui php.ini

File php.ini adalah file konfigurasi PHP. File inilah yang harus diubah jika hosting anda membolehkan pengguna untuk membuat dan menggunakan php.ini sendiri. Sebaiknya pastikan terlebih dahulu dengan hosting anda, apakah anda boleh membuat dan menggunakan custom php.ini.

Letak php.ini

Sekali lagi hal ini tergantung konfigurasi server yang anda gunakan. Terkadang anda perlu membuat file php.ini dalam setiap direktori teratas yang membutuhkan. Terkadang hosting sudah menyediakan php.ini dalam salahsatu direktori.

Yang harus diubah

atau ditambahkan jika belum ada adalah:

memory_limit = nnM

dimana nn adalah angka yang diinginkan dan M menunjukkan Megabyte. Misal, untuk menaikkan memory limit dari nilai default (biasanya 8M) menjadi 16 Megabyte, maka yang perlu diisikan adalah

memory_limit = 16M
 

Biasanya nilai 16M sudah lebih dari mencukupi untuk menjalankan sebuah situs Joomla! Walau terkadang ada beberapa extension (biasanya bridge ke aplikasi lain) yang membutuhkan lebih banyak memory.

Sebaiknya menaikkan memory limit tidak seenaknya. Dengan kata lain, jangan lantas memasukkan nilai sebesar-besarnya! Naikkan seperlunya saja. Kalau memang perlu limit yang tinggi, mungkin sebaiknya mulai berpikir untuk punya server sendiri!

Melalui .htaccess

Secara kasar file .htaccess dapat dikatakan sebagai file konfigurasi untuk tingkat direktori. Umumnya (lagi-lagi tidak semuanya) hosting membolehkan pengguna untuk membuat file .htaccess sendiri. Sekali lagi, pastikan dengan hosting anda, apakah anda boleh menggunakan .htaccess.

Letak .htaccess

Server akan mencari file .htaccess dalam direktori yang diakses dan tiap direktori di atasnya. Dalam Joomla! ini berarti direktori dimana instalasi Joomla! berada.
Instalasi standar Joomla! telah menyediakan file htaccess.txt yang kemudian dapat anda ganti nama menjadi .htaccess (kalau belum). Perubahan yang diusulkan di bawah dapat dilakukan atas file tersebut.

Yang harus diubah

atau ditambahkan jika belum ada adalah:

php_value memory_limit nnM

 

dimana nn adalah angka yang diinginkan dan M menunjukkan Megabyte. Sehingga untuk menaikkan memory limit menjadi 16MB , yang perlu diisikan adalah

php_value memory_limit 16M

 

Melalui namafile.php

Cara lain untuk menaikkan memory limit adalah melalui perintah ini_set yang dimasukkan ke dalam skrip php yang dipanggil. Kesulitan utama dari cara ini adalah menentukan file mana yang harus dirubah untuk menyisipkan perintah ini (selain tentu saja apakah hosting anda membolehkan perintah ini atau tidak).

File mana?

Dalam instalasi Joomla! ada dua file yang umumnya dipanggil oleh setiap proses utama, yaitu configuration.php dan globals.php. Karenanya untuk sebaiknya perintah ini diisisipkan di salahsatu dari kedua file tersebut.

Yang harus diubah

Sisipkan perintah

ini_set("memory_limit","nnM");

 

di bawah tag pembuka php <?php

Penutup

Demikian beberapa cara untuk menaikkan memory limit PHP yang sering menjadi penyebab gagalnya instalasi extension melalui panel administrasi, atau upload file melalui Joomla! pada umumnya.

Harap diingat bahwa memory limit bukan satu-satunya penyebab gagalnya upload/instalasi. Banyak hal yang mungkin menyebabkan kegagalan ini seperti:

  • Permission yang salah dari direktori-direktori
  • Batasan ukuran file yang di-upload
  • Batasan ukuran data yang di POST
  • Batasan waktu yang dibolehkan untuk input data
  • Batasan waktu yang dibolehkan untuk eksekusi program
  • dan lain-lain.

Masing-masing penyebab tentu saja memiliki pemecahan sendiri-sendiri (mungkin di lain artikel).

Sampai lain waktu,
Caveat Emptor!

0

People in this conversation

Load Previous Comments
  • Guest - karyanto

    makasih ya atas infonya Insya Allah bermanfaat :)

    0 Like Short URL:
  • Guest - karyanto

    makasih atas infonya ya...

    tertanda
    Karyanto (Petani yang mau buat webstore buat jualan hasil pertaniannya)

    0 Like Short URL:
  • Guest - rajasetan

    Semoga bermanfaat.
    Saya senang membaca ada teman-2 petani yang akan menggunakan joomla! untuk menunjang pemasaran.
    Jika butuh bantuan, jangan ragu bertanya. Saya yakin teman-2 id-joomla akan senang hati membantu. Apalagi kalau untuk koperasi (yang tidak abal-2) atau kelompok tani di daerah-2.

    0 Like Short URL:
  • Guest - naruh

    sy dah coba liat di helpnya dan ternyata tertulis unwritabel, sehingga gak nisa intall/upload untuk extensinya. gimana cara ngerubah unwritable menjadi writable untuk durektory permission ?

    0 Like Short URL:
  • Guest - arisbeat

    Permisii...knapa pas saya ganti file htaccess.txt ke .htaccess malah error? "Internal Server Error"...apa ada yg salah settingan di servernya?... :)

    0 Like Short URL:
  • Guest - budimanfajar

    Sorry sy newbie, kalo cara install plug in, module gmn caranya???

    0 Like Short URL:
  • Guest - inzacky

    Wah Klo ga bisanya Install komponen ajah gmn...
    sementara install module bisa tuuuhhh.......

    tolong Yaaa....

    0 Like Short URL:
  • Guest - waloeyoe

    ada apa tho kok instalansi joomla comment saya tidak pernah ada informasi succes atau error. setelah melakukan isntalansi yang saya temukan hanya halaman firefox warna putih, alias ngeblang. menurut buku yang sayasaya baca, saya harus mengaktifkan system legacy, dan ini sudah saya lakukan tapi hasilnya tetep sama tu. tolonggggggggggggg bantuannya

    0 Like Short URL:
  • Guest - waloeyoe

    ada apa tho kok instalansi joomla comment saya tidak pernah ada informasi succes atau error. setelah melakukan isntalansi yang saya temukan hanya halaman firefox warna putih, alias ngeblang. menurut buku yang sayasaya baca, saya harus mengaktifkan system legacy, dan ini sudah saya lakukan tapi hasilnya tetep sama tu. tolonggggggggggggg bantuannya tapi untuk isntalansi extensi lainny tidak ada masalah tuh, seperti isntalansi ( template, com_mxcomment_vi). hanya

    0 Like Short URL:
  • izin nyoba :D

    0 Like Short URL:

Kategori Blog

Joomla User Group Indonesia

Joomla User Group indonesia

Id-joomla.com adalah situs resmi Joomla User Group (JUG) Indonesia dan Joomla Translation Team

 
Download Terjemahan Joomla terakreditasi dari JoomlaCode dan laporkan bugs, ide dan saran nya di Sub Forum Hanacaraka

Socials

twitter id joomlafb idjoomla