Joomla Indonesia

Login or Sign Up
Sign In or Register
Avatar
Not Registered Yet?

Join Now! It's FREE. Get full access and benefit from this site

Reset My password - Remind Me My username

Username
Password
Remember me
  • Home
    Home This is where you can find all the blog posts throughout the site.
  • Categories
    Categories Displays a list of categories from this blog.
  • Tags
    Tags Displays a list of tags that have been used in the blog.
  • Bloggers
    Bloggers Search for your favorite blogger from this site.
  • Team Blogs
    Team Blogs Find your favorite team blogs here.
  • Login
    Login Login form

Bagaimana Memilih Extensions di Joomla CMS

Posted by on in Tip Dan Trik
  • Font size: Larger Smaller
  • Hits: 4340
  • 3 Comments
  • Subscribe to this entry
  • Print

Sebagai pengguna Joomla CMS, baik sebagai pengguna awam atau sebagai Joomla Web Developer pastinya anda sangat membutuhkan extensions yang sesuai dengan website yang anda bangun. Joomla CMS dikenal sangat kaya akan dukungan extension dan para pengembangnya yang tersebar di seluruh dunia dengan berbagai macam extensions yang mereka buat.

Sebelumnya saya ingin menjelaskan sekilas mengenai extensions di Joomla CMS.

 

Joomla Extension(s) merupakan aplikasi yang berjalan di Joomla CMS untuk meningkatkan fungsi dan kemampuan Joomla CMS itu sendiri. Terdapat 5 bagian extensions yang ada dalam Joomla CMS, yaitu Component (Komponen), Module (Modul), Plugin, Template (Tema) dan Language (Bahasa), apa sih fungsi setiap bagian tersebut, berikut sedikit penjelasan singkatnya.

Component (Komponen), merupakan aplikasi yang berdiri sendiri dan berjalan di dalam Joomla CMS, komponen dapat juga didukung oleh modul, plugin, template dan bahasa, contoh komponen adalah, galeri foto, buku tamu, forum diskusi, dll.

Module (Modul), merupakan aplikasi yang menjadi bagian dari Joomla CMS, sebuah komponen atau berdiri sendiri. Contoh modul di Joomla CMS seperti statistik pengunjuk, artikel terbaru, artikel populer. Modul di Joomla CMS dapat diposisikan pada posisi template (tema) yang digunakan atau dapat dipanggil melalui plugin.

Plugin (Plugin), merupakan aplikasi yang berjalan di sistem Joomla CMS atau dapat juga merupakan bagian dari paket sebuah modul maupun komponen. Contoh plugin adalah, plugin social network, typography, ringkasan artikel dll.

Template (Tema), merupakan bagian terpenting dari Joomla CMS, karena dengan template tampilan sebuah website dapat dilihat oleh pengunjung di internet, pada saat menginstall Joomla pengembang inti joomla sudah menyediakan template standar yang dapat kita gunakan. Akan tetapi banyak sekali template joomla yang bisa kita gunakan baik secara cuma-cuma maupun membayar.

Language (Bahasa), merupakan paket khusus joomla yang dapat kita sesuaikan dengan bahasa lokal di negara kita, saat ini bahasa indonesia untuk Joomla 2.5 sudah memiliki terjemahan yang baik, karena langsung dikerjakan oleh Tim Hanacaraka komunitas joomla Indonesia.

Dari ke-5 bagian extension tersebut semuanya pasti akan kita gunakan jika kita akan mengembangkan sebuah website berbasis Joomla CMS.

Berikutnya yang terpenting adalah, bagaimana sih untuk mendapatkan semua extension tersebut, atau tempat untuk melihat perkembangan extension joomla secara rutin.

Joomla CMS sudah memiliki halaman khusus bagi para pengembang Joomla, jika di Apple kita kenap AppStore, di Android ada Play Store, di Joomla juga ada JED (Joomla Extension Directory). JED merupakan halaman resmi yang dikelola oleh tim Joomla secara professional. Saat ini di JED sudah ada 6000 lebih extension yang dapat kita gunakan di Joomla CMS.

Halaman JED dapat kita akses di alamat http://extensions.joomla.org dengan tampilan sebagai berikut :

jed

 

Cara paling mudah untuk mendapatkan extension yang kita inginkan adalah dengan melakukan pencarian. Anda dapat mencari dengan menggunakan menu pencarian yang ada pada bagian kanan atas website JED, kemudian tekan tombol enter untuk menjalankan proses pencarian.

jed2

 

Sebagai contoh saya melakukan pencarian dengan kata kunci "guest book" dengan hasil sebagai berikut :

 

jed3

 

Selanjutnya adalah tinggal memilih extension mana yang sesuai dengan kriteria website yang akan anda bangun.

Untuk membantu anda memilih, anda dapat memperhatikan ulasan dari para pengguna extension, seperti review/testimoni, jumlah orang yang suka maupun tidak biasanya dengan mudah dapat kita ketahui. Dengan begitu ada jaminan bahwa extension yang kita gunakan dapat eksis terus mengikuti perkembangan Joomla CMS.

jed4

 

Dari gambar di atas saya akan menjelaskan sedikit fungsi dari icon yang ada

1. Anda dapat mengetahui extension tersebut mendukung versi Joomla yang mana

2. Anda dapat mengetahui jumlah orang yang memberikan suaranya

3. Anda dapat mengetahui paket dari extension (C=Component, M=Module, P=Plugin)

Jika lebih lanjut ke dalam halaman sebuah extension, anda akan diberikan informasi lebih lengkap lagi dari si pembuat extension, dengan begitu anda akan lebih mudah lagi mengetahui fungsi, fitur dan demo dari sebuah extension.

jed5

dari gambar di atas anda akan memperoleh informasi :

1. Link untuk mendownload extensionnya

2. Halaman demo yang disediakan oleh pengembang extension

3. Dukungan dari pengembang extension

4. Halaman Dokumentasi dari extension

Anda juga dapat memperoleh deskripsi lebih lanjut dari extension di halaman tersebut, dengan demikian akan mempermudah anda untuk memilih extension sebelum anda memasangnya di website Joomla anda.

Semoga bermanfaat

 

Hi my name is Mico Kelana. Joomla web Developer from South Tangerang. Please visit my Joomla Web Solution to get services from me.

People in this conversation

Kategori Blog

Joomla User Group Indonesia

Joomla User Group indonesia

Id-joomla.com adalah situs resmi Joomla User Group (JUG) Indonesia dan Joomla Translation Team

 
Download Terjemahan Joomla terakreditasi dari JoomlaCode dan laporkan bugs, ide dan saran nya di Sub Forum Hanacaraka

Socials

twitter id joomlafb idjoomla