Joomla Indonesia

Login or Sign Up
Sign In or Register
Avatar
Not Registered Yet?

Join Now! It's FREE. Get full access and benefit from this site

Reset My password - Remind Me My username

Username
Password
Remember me
  • Home
    Home This is where you can find all the blog posts throughout the site.
  • Categories
    Categories Displays a list of categories from this blog.
  • Tags
    Tags Displays a list of tags that have been used in the blog.
  • Bloggers
    Bloggers Search for your favorite blogger from this site.
  • Team Blogs
    Team Blogs Find your favorite team blogs here.
  • Login
    Login Login form

10 Elemen Kuno dalam Web Design

Posted by on in Tip Dan Trik
  • Font size: Larger Smaller
  • Hits: 5057
  • 11 Comments
  • Subscribe to this entry
  • Print

Saya ingin berbagi informasi untuk rekan-rekan Joomla Indonesia tentang website design. Sebenarnya ini adalah artikel yang disadur ulang dari sumber resmi "10 Ancient Elements of a Website" ditulis oleh Lee Rickler.

Sejak generasi web 2.0 menjadi barang yang tidak lagi baru, banyak sekali muncul mesin-mesin software pembuat website instan. Mengapa instan? Karena hanya dalam beberapa menit saja semua orang bisa membuat website versi mereka sendiri. Joomla! adalah salah satu pemain handal CMS yang membuat perkara membangun website menjadi lebih mudah dan lebih cepat.

Seiring perkembangannya, ada beberapa bagian atau elemen-elemen website yang jadi ketinggalan zaman. Menjadi usang dan sudah jarang sekali dipakai bukanlah sesuatu yang buruk, tapi setidaknya, apabila terus menerus mengimplementasikan elemen-elemen tersebut ke dalam website akan mungkin sekali suatu saat kelak website Anda tidak akan terbaca dengan baik oleh browser dan 'human', yaitu Anda dan kita semua yang semakin hari semakin canggih.

Beberapa hal yang mungkin sebaiknya mulai serius untuk jadi pertimbangan ketika Anda melakukan web design:

1. Pernyataan Misi & Visi Website.

"Kami adalah perusahaan Terbaik..." - Lucu sekali pernyataan ini. Kalau saya adalah seorang klien yang membayar Anda, tentu saya inginkan yang terbaik yang saya dapatkan dari uang yang saya keluarkan. Tidak perlu membuat pernyataan sejenis karena hanya akan membuat perusahaan atau organisasi Anda menjadi seperti "anak kemaren sore".

2. Menggunakan Frames.

Dulu pada zaman kode masih HTML murni, banyak sekali website developer menggunakan teknik framework untuk membuat 2 bagian halaman berdampingan. Sekarang sudah banyak teknik yang lebih bersih dan lebih SEO friendly untuk mendapatkan hal serupa.

3. Efek Animasi Tulisan: Blink Text.

Apa yang Anda sedang Anda lakukan? Ingin menarik fokus utama users dengan efek murahan ini? Buang!

4. Gambar GIF beranimasi.

Gampang sekali membuat gambar GIF animasi, hanya tinggal buka MS Paint misalnya kemudian gonta-ganti layer atau background hingga gambar seolah-olah terlihat "hidup". Old one!

5. Menggunakan Table.

Dulu sering sekali digunakan, tapi sekarang table hanya baik digunakan untuk menampilkan data-data tabular seperti layout data MS Excel. Disamping itu, table tidak SEO friendly.

6. Flash.

Dulu hampir semua website menggunakan flash untuk menu navigasi. Sekarang sudah ada menu suckerfish, atau menu modular lain dengan javascript design yang lebih bersih dan tidak memberatkan browser dan berjalan disemua Operating System (OS) komputer.

7. Element untuk Video yang sangat kecil.

Digunakan untuk menampilkan video online. Karena terbatasnya frekwensi modem dan kompresi maka tampilannya harus diperkecil untuk bisa memuat video itu ke dalam halaman. Kini, dengan hadirnya AS3 dan sebentar lagi HTML5, perkara embed video sudah tidak perlu sekaku dulu.

8. Musik MIDI.

Menempelkan suara sebagai background HTML website Anda? Mungkin dulu terkesan canggih tapi sekarang, Anda bisa-bisa berurusan dengan HAK INTELEKTUAL dan HAK KARYA CIPTA. Musik memang bahasa universal mendunia, tapi musik juga punya cita rasa sendiri-sendiri. Setiap orang menyukai jenis musik tertentu. Jadi jangan "menakut-nakuti" users dengan pilihan musik Anda.

9. Menggunakan Hit Counters.

Ini yang paling menggelikan. Anda pernah baca, "Today Hits: 6 visitors", atau "Total: 20 visitors"? Selamat Anda telah dikunjungi! haha... Saran saya, gunakanlah data statistik yang biasanya disediakan oleh Control Panel website Anda (seperti cPanel WebStats) atau dari Google Analytics apabila Anda ingin melihat atau ingin mempresentasikan website itu kepada orang lain. Tidak perlu menguak yang tidak penting pada halaman website.

10. Menggunakan informasi tulisan "This site is best viewed..."

Semua website harus bisa terlihat baik di segala browser dan OS komputer!

 

Selamat membangun internet dan website sehat!

0
Load Previous Comments
  • haha.. ah ya.. benar.. klien-klien yg memusingkan.. kadang jadi malu jadiin web mereka sebagai portfolio.. :P

    0 Like Short URL:
  • no.2 msh pake tapi iframe sih, cuma klo mau nampilin source dari luar website.

    no.5 klo table kan supaya pengaturan jadi rapi, meskipun udah ada css jadi penggunaan table berkurang tapi kenapa yah msh tetep aja perlu.

    no.9 hit counter emang sih gak terlalu penting, malah kadang malu klo pengunjungnya sepi. biasanya tuh website penyedia link donlot yg pake apalagi link donlot software bajakan. xixi....

    poin no.10 itu yg plg risih, emang seharusnya website bisa tampil baik disegala browser tapi kenyataannya masing2 browser itu punya engine yg beda2, pengaturan serta jenis koding css yg berbeda dan gak semua pengunjung menggunakan browser dgn versi terbaru.
    klo saya sih berpatokan sama browser plg digunakan aja, browser lainnya tinggal di sesuaikan css-nya, ya plg beda2 dikitlah. kayak di IE8 yg gak dukung radius border meskipun diakalin pake javascript tetep aja beda sama waktu ditampilin di firefox 6,7 atau 8

    0 Like Short URL:
  • :woohoo: inspirasi yang menggugah seleraa :woohoo:

    0 Like Short URL:
  • keren ... : mas dwi :cheer:

    0 Like Short URL:
  • heheheh... Iya juga tuh.. Untuk Point yang ke 1. Bisa jadi rancu.. :evil:

    0 Like Short URL:
  • :lol: :lol: ngakak gw bacanya

    0 Like Short URL:
  • :silly: ngikut baca ah ...

    0 Like Short URL:
  • Sepertinya HIT Counter perlu sob, sebab bagi teman-teman yang ingin memberi penjelasan kepada Konsumen (untuk melirik websitenya) guna pemasangan Iklan :)

    0 Like Short URL:
  • saya newbie yang sedang mencari jadi diri,artikel menarik buat nambah pengetahuan

    0 Like Short URL:
  • nice artikel.. trim's

    0 Like Short URL:

Kategori Blog

Joomla User Group Indonesia

Joomla User Group indonesia

Id-joomla.com adalah situs resmi Joomla User Group (JUG) Indonesia dan Joomla Translation Team

 
Download Terjemahan Joomla terakreditasi dari JoomlaCode dan laporkan bugs, ide dan saran nya di Sub Forum Hanacaraka

Socials

twitter id joomlafb idjoomla