Joomla Indonesia

Login or Sign Up
Sign In or Register
Avatar
Not Registered Yet?

Join Now! It's FREE. Get full access and benefit from this site

Reset My password - Remind Me My username

Username
Password
Remember me
  • Home
    Home This is where you can find all the blog posts throughout the site.
  • Categories
    Categories Displays a list of categories from this blog.
  • Tags
    Tags Displays a list of tags that have been used in the blog.
  • Bloggers
    Bloggers Search for your favorite blogger from this site.
  • Team Blogs
    Team Blogs Find your favorite team blogs here.
  • Login
    Login Login form
Recent blog posts
Posted by on in Berita Joomla

Kemarin, tepatnya tanggal 3 April 2014, Tim Pengembang Inti Joomla mengumumkan ketersediaan versi Beta dari versi utama seri Joomla 3 berikutnya yaitu versi 3.3.
Untuk anda yang sudah tidak sabar untuk mencicipi versi terbaru ini, Anda dapat mendownload file instalasinya, baik versi instalasi penuh maupun versi untuk upgrade dari halaman repository Joomlacode ini

Sesuai dengan nama 'beta' yang disematkan kedalam kode rilisnya, Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan versi 3.3 beta ini untuk situs website anda yang sudah 'online' dan berjalan dengan baik, karena rilis ini sebenarnya ditujukan untuk kepentingan pengujian saja, untuk menjaring feedback dari pengguna demi kestabilan rilis-rilis berikutnya, yang telah direncanakan jadwalnya sebagai berikut *:

  • April 8 - Joomla 3.3 Beta 2
  • 15 April - Joomla 3.3 Release Candidate ( RC )
  • 22 April - Joomla 3.3 versi stabil 

(*Jadwal tersebut dapat berubah tergantung kepada kertersediaan sukarelawan dan antisipasi terhadap kemungkinan teknis-non teknis yang mungkin saja terjadi)

Saat ini situs Joomla saya masih menggunakan Joomla 2.5, apa yang harus saya lakukan?

Anda masih bisa terus menggunakan Joomla 2.5 dan tidak perlu bermigrasi ke seri 3.x untuk saat ini, karena dukungan terhadap versi Joomla 2.5 akan terus berlanjut sampai 31 Desember 2014

Saya menggunakan Joomla 3.2.x, apakah saya harus melakukan upgrade?

Sebaiknya anda melakukan upgrade ke Joomla 3.3 (tentunya setelah versi stabil nya dirilis, bukan versi beta yang sekarang ini) karena selain memiliki banyak fitur baru, Joomla 3.3 memiliki banyak perbaikan baik dari sisi fitur dan penggunaan maupun dari sisi keamanan. 
Namun apabila ada keterbatasan dari sisi teknis web hosting atau komponen yang anda miliki, misalnya web hosting Anda belum mendukung PHP 5.3.10 yang diperlukan untuk menjalankan joomla 3.3 atau komponen yang anda install belum sepenuhnya mendukung Joomla 3.3, jangan khawatir, Joomla 3.2 masih tetap akan tetap mendapat dukungan Team Development Joomla sampai bulan Oktober 2014. Jadi masih banyak waktu untuk anda untuk mempersiapkannya.

So, selamat mencoba. Apabila anda menemukan issue, masalah bug, feedback dan sebagainya, jangan lupa untuk melaporkannya ke Joomla 3.x Issue Tracker

Tagged in: beta joomla 3
Hits: 2569
0

Tim pengembang resmi Joomla! tidak lama lagi akan merilis Joomla! versi terbaru yaitu versi 3.3. Dikutip dari website resmi Joomla!, bulan April mendatang adalah jadwal resmi rilis Joomla! 3.3 ke komunitas, tanggal pastinya pun sudah diketahui yaitu pada tanggal 22 April 2014.

Yang menarik dari rilis Joomla! 3.3 mendatang adalah pernyataan salah seorang pengembang Joomla!, "Joomla 3.3 akan menjadi versi yang paling stabil dalam perilisan Joomla! yang pernah ada". Michael Babker dalam materi presentasinya pada acara Joomla! Day Boston 2014 melontarkan pernyataan tersebut kepada para peserta yang hadir, Babker juga membahas lebih detil mengenai Joomla! 3.3.

Beberapa hal yang berbeda di Joomla! 3.3 antara lain :

1. Peralihan dari Mootools ke jQuery Javascript, dengan adanya fitur ini akan membuat waktu tunggu website Joomla! akan jauh lebih cepat.

2. Antarmuka Penyimpanan Awan, ke depannya Joomla! akan dapat berinteraksi dengan layanan penyimpanan awan seperti Drop Box, Google Drive, Amazon S3, atau dapat disebut juga integrasi Joomla! berbasis Content Delivery Network akan semakin mudah.

3. Microdata, Joomla! 3.3 menjanjikan fitur SEO yang lebih baik

4. Keamanan, Joomla! 3.3 menjanjikan fitur keamanan yang lebih baik

 

Berikut adalah jadwal rilis resmi Joomla! 3.3 :

  • 1 April – Beta 1
  • 8 April – Beta 2
  • 15 April – Release Candidate (RC)
  • 22 April - Rilis Joomla 3.3

Kurang dari 1 bulan lagi kita akan dapat menikmati versi terbaru Joomla!, semoga saja update dari versi sebelumnya juga semakin mudah dan memperkecil resiko kegagalan.

Yang perlu diperhatikan pada Joomla! 3.3 mendatang adalah versi PHP minimal harus berada pada versi 5.3.10+, jadi jika anda akan menggunakan Joomla! 3.3 pada server hosting wajib memperhatikan versi PHP yang digunakan, silahkan kontak penyedia hosting anda untuk hal ini.

Tim pengembang inti Joomla! juga mengajak anda untuk terlibat dalam pengetesan Joomla! 3.3, klik link berikut ini untuk informasi lebih lengkap mengenai ajakan tersebut http://community.joomla.org/blogs/leadership/1813-we-need-your-help.html.

 

Sumber : http://community.joomla.org/blogs/leadership/1812-update-on-the-joomla-33-release-schedule.html?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed%3A+JoomlaCommunityCoreTeamBlog+%28Joomla!+Core+Team+Blog%29

 

Hits: 2473
0
Posted by on in Tip Dan Trik

Joomla Responsive

Website yang responsive memiliki fasilitas yang luar biasa yaitu tampilan website akan menyesuaikan pada berbagai macam ukuran layar, akan tetapi dibalik kehebatannya itu ada hambatan yang menurut saya tidak semua dimiliki oleh tampilan website yang responsive tersebut. Seperti kita tau tampilan/template di joomla CMS saat ini hampir semuanya dibangun di atas framework, dan belum tentu framework tersebut memiliki fasilitas mendalam untuk pengaturan tampilan pada setiap jenis ukuran layar pembukanya.

Umumnya setiap tampilan website joomla responsive sudah memiliki kode singkat/short code yang berfungsi mengaktifkan maupun menonaktifkan modul-modul joomla dengan memasangnya pada kotak "module_suffix". Jika framework joomla tersebut di atas twitter bootsrap maka kode singkat tersebut adalah sebagai berikut :

  1. hidden-phone : berfungsi untuk menonaktifkan modul di ukuran layar yang lebih kecil (biasanya untuk layar dengan lebar 320 pixel)
  2. hidden-dekstop: berfungsi untuk menonaktifkan modul di ukuran layar yang sering digunakan oleh pengguna umum (biasaya berukuran 800 pixel atau lebih)

Namun fungsi tersebut hanyalah menyembunyikan modul-modul joomla pada ukuran layar tertentu dan bukan menonaktifkan modul-modul tersebut. Kelemahannya adalah besar website versi standar dengan versi responsive akan sama, sehingga beban website tersebut ketika dibuka di perangkat dengan layar yang kecil akan sangat berat.

Ekstensi joomla berikut ini akan menambah performa website joomla responsive anda lebih cepat, karena ekstensi tersebut memiliki fasilitas untuk menonaktifkan modul berdasarkan jenis perangkat pembukanya, bukan berdasarkan ukuran layar.

Sebagai contoh, jika anda menggunakan ekstensi tersebut anda dapat mengatur setiap modul untuk jenis perangkatnya, misalnya pada perangkat dengan sistem operasi android modul tersebut aktif, sedangkan pada perangkat dengan sistem operasi blackberry modul tersebut tidak aktif.

 

Advanced Module Manager, Modul Wajib Untuk Joomla Responsive

Advanced Module Manager for Joomla Responsive

Modul bernama Advanced Module Manager merupakan modul yang dibuat oleh pengembang ekstensi joomla dari Belanda bernama Peter van Westen. Peter mengelola halaman ekstensi buatannya pada website http://www.nonumber.nl, cukup banyak ekstensi buatan Peter dan tergolong ekstensi favorit para pengguna joomla di seluruh dunia.

Baiklah mari kita lanjut lagi, untuk mengaktifkan modul Advanced Module Manager anda harus mengunduhnya terlebih dulu di alamat berikut : http://www.nonumber.nl/extensions/advancedmodulemanager

Modul tersebut memiliki 2 versi, versi standar yang dapat diunduh cuma-cuma dan versi pro dengan tambahan berbagai macam fitur yang harus anda bayar dengan harga 50 euro atau lebih kurang 700 ribu rupiah jika dikonversi ke mata uang Indonesia.

Jangan terburu-buru untuk memiliki versi pro dari modul tersebut, karena versi gratis yang ditawarkan oleh Peter sudah cukup untuk mengatur setiap modul pada joomla seperti yang telah saya jelaskan di bagian atas artikel ini, akan tetapi saya tidak melarang anda, jika anda memang ingin memiliki versi pro dari ekstensi tersebut. Bagi anda yang ingin mengetahui perbedaan versi gratis dan versi pro dari Advanced Module Manager, silahkan buka tautan berikut ini http://www.nonumber.nl/extensions/advancedmodulemanager.

Pengaturan Pasca Instalasi

Setelah mengunduh modul tersebut, kemudian pasang di website joomla anda, versi yang didukung adalah joomla versi 2.5 dan joomla 3.2.x. Jika proses instalasi berhasil maka otomatis modul tersebut akan menjadi ekstensi pengganti pengaturan modul pada website joomla anda. Mungkin anda tidak menyadari apa perbedaan sebelum dan sesudah instalasi modul tersebut, yang pasti ketika anda mengakses menu Extensions --> Module Manager maka akan tampil beberapa fitur tambahan seperti kemampuan mewarnai setiap modul seperti tampilan gambar di bawah ini :

Advanced Module Manager for Joomla Responsive

 

Menonaktifkan Modul Pada Perangkat Tertentu

Klik pada salah satu modul yang akan anda atur untuk tidak aktif pada perangkat tertentu, sebagai contoh saya akan menonaktifkan modul pada perangkat dengan sistem operasi blackberry. Pada pengaturan modul, klik pada menu tab "Module Assignment" seperti tampilan di bawah ini :

Responsive Joomla Website

Kemudian  arahkan ke menu "Browsers" untuk melakukan pengaturan

Joomla Responsive 

Untuk menonaktifkan modul pada perangkat dengan sistem operasi Blackberry dengan memilih "Exclude" pada menu "Browsers" kemudian klik dan tambahkan menu "Blackberry" pada kotak "Mobile Browser" kemudian simpan pengaturan modul tersebut.

Jika sudah, silahkan anda coba menggunakan perangkat blackberry yang dimaksud, tentunya pengaturan ini tidak akan bekerja jika anda mengaksesnya menggunakan browser di komputer/laptop, anda harus menggunakan perangkat blackberry agar tampilannya sesuai dengan pengaturan modul yang telah diatur sebelumnya.

 

 

Hits: 4404
0
Posted by on in Berita Joomla

Joomla! 3.2 dikemas dengan fitur-fitur baru. Sayangnya, salah satu fitur memiliki masalah yang tidak ditemukan selama pengujian pra-rilis. Sayangnya masalah itu menyebabkan hal yang cukup serius yang mengakibatkan terkuncinya akses dan belum ada  solusi mudah untuk memulihkannya secara otomatis.

Hal ini disebabkan oleh fitur Strong Password yg diperkenalkan pada Joomla 3.2 yang bertujuan untuk memperkuat faktor keamanan password pengguna user anda. Fitur strong password ini menggunakan fitur BCrypt yang di sediakan oleh php 5.3, namun sayangnya fitur BCrypt ini tidak terdapat pada rilis-rilis awal php 5.3 atau kalaupun ada, versi tersebut merupakan versi yang masih bermasalah. Fitur BCrypt ini baru secara penuh berjalan dengan baik pada versi PHP 5.3.7. Jadi kalau server anda menggunakan php 5.3.7+ anda bisa mengabaikan artikel ini.

Masalah strong password ini akan di perbaiki pada rilis Joomla 3.2.1 (yang akan dirilis dalam beberapa minggu lagi) namun sayangnya apabila anda sudah terlanjur memiliki masalah terkuci pada Joomla 3.2, belum ada solusi otomatis untuk mengembalikan akses anda. 

Berikut ini ada beberapa skenario seputar masalah Strong Password ini :

Saat ini situs Joomla! 3.2 saya sudah live / tayang

Jika Anda telah menginstal Joomla! 3.2 dan website anda berjalan dengan baik, maka tidak ada yang harus dikhawatirkan. Kemungkinan server anda sudah memiliki versi php 5.3.7 atau lebih

Saya sedang mendisain sebuah situs dengan Joomla! 3.2

Dan Anda sedang bersiap-siap untuk mengupload ke server / online. 
Di sinilah masalah terjadi.

Sebelum anda mengupload Joomla anda, silakan cek terlebih dahulu versi php server anda. Apabila versinya dibawah 5.3.7 maka anda bisa menunggu sampai Joomla 3.2.1 dirilis.

Atau kalau anda memang sedang buru-buru silakan matikan opsi Strong Password terlebih dahulu, caranya melalui Plugin Manager, pilih plugin User - Joomla, nonaktifkan opsi Strong Password. Setelah dinonaktifkan, buat akun Super Administrator baru, karena user lama anda tidak akan bisa berfungsi lagi.

Saat ini saya menjalankan situs Joomla! 3.0/3.1

Anda dapat mengklik salah satu untuk Joomla! 3.2 dan memiliki bermain dengan semua fitur baru yang besar, hanya tidak mengaktifkan Password pilihan kuat sampai 3.2.1 adalah keluar atau cek server versi PHP dan ikuti panduan di atas.

Saat ini saya menjalankan Joomla! 2.5 situs

Aman. Anda tidak terkena dampak masalah ini

Saat ini saya menjalankan Joomla! 1.5 situs

Segera upgrade Joomla anda ke versi 2.5 atau 3.x karena Joomla 1.5 sudah tidak didukung lagi.
Tapi meskipun perangkat lunak tidak lagi didukung lagi, ini tidak berarti situs Anda akan berhenti bekerja. Hanya beresiko tinggi saja.

Semoga bermanfaat

Hits: 7603
Posted by on in ID-Joomla

Taqoballallahu Minna Wa Minkum - Selamat Idul Fitri 1434H untuk id-joomlaers yang merayakan. Mohon maaf lahir batin. Semoga amal ibadah kita pada bulan Ramadhan kemarin diterima oleh Allah SWT dan kita diberi kesempatan berjumpa lagi dengan Ramadhan di tahun depan.

Amin ya rabbal 'alamin

Tagged in: iedul fitri
Hits: 2512
0

Kategori Blog

  • share

Share page to other media

Follow Us on Social Media

Joomla User Group Indonesia

Joomla User Group indonesia

Id-joomla.com adalah situs resmi Joomla User Group (JUG) Indonesia dan Joomla Translation Team

 
Download Terjemahan Joomla terakreditasi dari JoomlaCode dan laporkan bugs, ide dan saran nya di Sub Forum Hanacaraka

Socials

twitter id joomlafb idjoomla